Tuesday 28 January 2014

- SANG IDOLA -

Tanggal 26 januari 2014 mungkin hari yg bersejarah buat saya,karna melihat pemandangan yg sangat jarang pernah saya temui tentang orang yg saya idolakan . 

Gini ceritanya.........


Hari itu hari minggu tgl 26jan mungkin jd hari biasa dimana harus bertugas luar kota ( kerjaan dr Harmonic ) ,tp kali ini harus bertugas buat nemenin eross candra melakukan tugasnya menjadi seorang gitaris .
Hari itu sy berangkat bersama Baiz ( GM harmonic ) dr jogja ke jakarta,sedangkan eross berangkat dr surabaya ke jakarta karna tgl 25 jan sheila on 7 ada perform digresik .
Setelah nyampe jakarta kami berpencar dulu,eross ke rumahnya di cinere dan sy serta baiz melakukan tugas tambahan .. 

Jam 18:00 wib sy harus jemput eross ke cinere,setelah makan malam ditempat makan favorit eross di salah satu rumah makan di cinere,bergegas kami melaju ke sebuah tempat yg di sudut jakarta.
Tempat tersebut adalah sebuah studio yg melahirkan banyak karya keren musisi musisi indonesia.
PALU STUDIO namanya,sebuah studio yg pemiliknya adalah salah satu gitaris legendaris indonesia,siapa lagi kalau bukan PAY BURMAN ,yg mungkin bagi anak2 jaman sekarang lebih mengenalnya sbg gitaris BIP.

Kedatangan eross candra malam itu adalah karna undangan kolaborasi dr cella kotak untuk ngisi salah satu lagu dalam album baru kotak yg nantinya akan berkolaborasi juga dengan Pay burman juga.
Sesampainya di palu studio,cella kotak sudah menunggu didalam studio sembari nambahin track gitar di salah satu lagu kotak. Tapi waktu itu yg punya studio blm nongol.
Beberapa saat kemudian pay burman pun masuk distudio dan saat itu juga raut muka eross mulai berubah dari yg tadinya santai menjadi agak grogi ( menurut saya sih hehehe.. sorry ya mas eross :) ) 
Setelah berbasi basi dan sedikit membahas tentang lagu yg bakal di kolaborasikan,sosok eross yg selama ini sy tau pendiam dan jarang memulai pembicaraan berubah drastis,eross mulai melancarkan barisan pertanyaan ke pay burman,awal pertanyaan ke pay burman adalah standar teknis tentang proses rekaman album SLANK saat pay masih menjadi gitaris.
Setiap single yg ada di album slank dengan sangat hapal disebutkan oleh eross,dan hampir gak pernah salah,bahkan yg lucu adalah sampai pay sendiri lupa lagu tersebut di album apa :) 
Dan tak malu malu juga eross bercerita tentang bagaimana pay akhirnya jd gitaris yg menginspirasinya untuk ngulik lagu ( gitaris yg menginspirasi eross untuk bermain gitar adalah ian antono ).
Dari isi isian pay di lagu slank itu pula yg ternyata menginspirasi banyak teknik permainan gitar eross di karya2nya.



Ditengah2 obrolan mereka yg sangat asik,saat itu juga saya berfikir bahwa eross ternyata adalah SLANKER yg lebih SLANKER dr anak2 yg ngaku slanker. 


Obrolan mereka terhenti sejenak karna eross harus rekaman track bagiannya,sembari dia bilang ke pay kalau pertanyaan yg dia lontarkan itu baru 10% dari 100% pertanyaan yg dia simpan :) 



Kelar take rekaman bagiannya,sesi tanya jawab eross candra dan pay berlanjut lagi,sesekali cella kotak juga nyeletuk dan meng iyakan apa yg eross bilang tentang idola mereka ( pay ) , malam itu cella kotak emang cenderung banyak mendengarkan,paling hanya sesekali menimpali,mungkin cella mau memberikan malam itu buat eross hehe


Kemudian sampailah pada pertanyaan eross yg buat saya sangat kaget ... 

Eross : " mas pay inget gak pernah nandatangai gitar saya ? "
Pay    : hhmmm iya kayaknya inget ( tp sy yakin kayaknya pay lupa karna kemungkinan itu sudah lama bgt hehehe,,, piss mas pay ) 
Eross : dibawah tandatangan mas may itu ada tulisan yg mas pay tulis " JALAN TERUS ..... 
            dan JALAN TERUS itu akhirnya sy jadikan nama album the best Sheila on 7 dan sekaligus
            alamat rumah
Pay    : oya ?? ( pay kayaknya agak kaget,sedikit gak percaya dan kagum ) hehehe 
Eross : iya mas 

Note : tulisan yg ditulis pay di gitar eross itu ada kata2 JALAN TERUS,nanti kapan2 kalau ada waktu sy harus fhoto dan posting untuk tau selengkapnya hehehe

Setelah obrolan mereka yg diatas itu sy jadi kagum,kaget dan sempat gak percaya kalau pay sangat menginspirasi sosok eross candra.

Gak terasa obrolan mereka harus terhenti waktu sudah menunjukan pukul 04:00 WIB karna kami harus segera ke bandara untuk pulang ke jogja,pesawat jam 05:20 WIB.
Setelah berpamitan kami melanjutkan perjalanan ke bandara. Saat dalam perjalanan saya sempat nyeletuk ke eross " mas..kalau bikin tour klinik 3 gitaris ( pay,eross,cella ) mau gak ? " ,dengan sangat cepat eross menjawab " kalau ada pay ayo aja kapan brangkat " katanya hehehe..


Dari semua obrolan eross,pay dan cella malam itu saya pribadi sangat kagum dengan 3 orang tersebut,cella yg mengidolakan eross dan pay,eross yg mengidolakan pay dan pada akhirnya waktu mempertemukan mereka untuk berkolaborasi.

Saat itu juga saya berfikir tentang kekuatan " MIMPI ", Mimpi yg selalu di pupuk dengan kerja keras serta totalitas yg akhirnya nanti waktu akan memberi " HASIL " nya .





- Terimakasih telah membaca - 

           Salam 

   Helmy Prastowo Budi 


@Helmy_pb 

            




7 comments:

  1. thx mas dah posting ni tulisan :D

    ReplyDelete
  2. sama2..makasih sudah membaca :)

    ReplyDelete
  3. Long live eross chandra, im a big fan of him :)

    ReplyDelete
  4. JALAN TERUS ... moga bener2 terwujud G3 INDONESIA , EROSS-PAY-CELLA ,,,,amiiin

    ReplyDelete
  5. Gitaris handal semuanya, mantappp

    ReplyDelete
  6. Matur suwun kang helmi,sampun posting...

    ReplyDelete